Senin, 24 Agustus 2015

Mengapa Pesawat Bisa Terbang di Udara

Selamat pagi,

Kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang mengapa pesawat bisa terbang, dan juga sistem pengendaliannya.

Ada dua jenis pesawat terbang, yaitu pesawat yang lebih ringan dari udara, dan juga pesawat yang lebih berat dari udara. Pesawat yang lebih ringan dari udara contohnya adalah balon udara dan sebagainya, sedangkan yang lebih berat dari udara contohnya pesawat terbang sayap tetap (fixed wing) dan juga pesawat sayap putar / helikopter (rotary wing). Yang akan saya bahas kali ini adalah pesawat sayap tetap.



Penyebab Pesawat Bisa Terbang

Mungkin beberapa dari kita masih ada yang terheran-heran "mengapa benda seberat dan sebesar pesawat bisa terbang diudara?". Sebenarnya pesawat bisa terbang itu bukan hal yang mustahil, ada gaya yang mengakibatkan pesawat itu bisa terbang. Ada empat gaya yang mempengaruhi terbangnya sebuah pesawat, diantaranya :

Gambar 1 : empat gaya yang menyebabkan pesawat bisa terbang
  1. Lift (gaya angkat) adalah gaya yang arahnya keatas (melawan gravitasi) karena adanya tekanan ke atas dari sayap yang menyebabkan pesawat dapat terangkat keatas.
  2. Thrust (gaya dorong) adalah gaya yang menyebabkan pesawat bergerak maju yang dihasilkan oleh mesin pesawat.
  3. Weight (berat) gaya yang arahnya kebawah karena adanya gravitasi dan berat pesawat itu sendiri.
  4. Drag (hambatan kebelakang) gaya yang menghambat pergerakan maju dari sebuah pesawat terbang oleh angin.


Pesawat terbang dapat terangkat oleh angin karena adanya sayap dan gaya dotong yang menghasilkan kecepatan.
Gambar 2 : sayap pesawat yang terkena tekanan oleh angin

Saat bergerak maju, sayap pesawat membelah angin keatas dan kebawah. Angin yang berada diatas permukaan sayap bertekanan lebih kecil dan kecepatannya lebih tinggi, sedangkan angin yang berada di bawah permukaan sayap tekanannya lebih tinggi tetapi kecepatannya rendah. Perbedaan tekanan diatas dan dibawah sayap itulah yang menyebabkan sayap (pesawat) dapat terangkat oleh udara.




Sistem Kemudi Pesawat Terbang


Pesawat yang sedang mengudara tetap harus dikendalikan oleh pilot dari cockpit atau ruang kemudi. Ada dua buah sistem kemudi didalam sebuah pesawat, berikut diantaranya :

  • Primary Control (kontrol utama) meliputi;
  1. Aileron - berbelok (roll axis).
  2. Rudder - berbelok (yaw axis).
  3. elevator - menanjak/menukik (pitch axis).
Gambar 3 : bagian dan sistem kemudi pesawat terbang
  • Secondary Control (kontrol sekunder) meliputi :
  1. Flaps & slats - memperluas permukaan sayap supaya menambah drag atau mempercepat lift.
  2. Landing gear - roda pendarat, dan lain-lain.
Dengan begitu pesawat yang sedang mengudara dapat dikendalikan arah, kecepatan, ketinggian, dll

Sekian penjelasan dari saya, mohon maaf jika ada kesalahan. Sampai jumpa di postingan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar